Rihlah Bersama Rohis Ash-Shaff

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sudah lama admin tidak mengupdate blog Rohis Ash-Shaff nih! Kira-kira ada nggak ya yang baru di Rohis Ash-Shaff?

Alhamdulillah kemarin Ahad, 30 Oktober 2016 ada kegiatan Rihlah yang disusung oleh divisi Kaderisasi Rohis Ash-Shaff di SMA N 6 Yogyakarta untuk peserta magang Rohis Ash-Shaff 2019.

Rihlah adalah Hajatun Basyariah (kebutuhan) karena sebagai manusia kita membutuhkan refreshment baik terhadap jiwa maupun tubuh. Refreshment inilah yang disebut rihlah atau rekreasi. Rohis Ash shaff mengadakan Rihlah di sekolah yang bertujuan untuk merekatkan antar anggota rohis.

Lalu ada apa sih di rihlah Rohis Ash-Shaff kali ini?

1477989856846

Sekitar pukul 8 pagi acara diawali dengan perkenalan antar anggota divisi, kemudian membuat yel yel sebagai penyemangat bagi tiap tim. Dalam rihlah kali ini, diadakan beberapa permainan, yaitu mengoper karet lewat sedotan, kreativitas kertas, sketsa misteri, menyusun ayat, dan tebak kata.

Di pos pertama, disajikan permainan asah kekompakan.  Permainan ini diadakan dengan cara pemain mengoper karet dari satu orang ke orang lain tanpa menyentuh dengan tangan. Dari permainan ini diharapkan anggota rohis nantinya dapat bekerjasama dan saling membantu satu sama lain.

Lalu dalam permainan kreativitas kertas, tiap grup diberi 1 lembar kertas koran ukuran HVS A4. Pemain diminta agar  kertas koran itu dapat menampung semua anggota dari divisinya itu.

Yang ketiga adalah sketsa misteri. Salah satu anggota kelompok diberi satu kata atau kalimat yang nantinya akan ditebak oleh anggota kelompoknya. Anggota yg diberi clue hanya dapat memberi tahu lewat gambar yg digambar olehnya.

1477989847814

Yang keempat adalah susun ayat. Tiap kelompok diberi tantangan untuk menyusun salah satu ayat dari surat ad-dhuha dan asy-syam.Tiap anggota kelompok hanya berhak untuk mengambil satu potongan huruf untuk menyusun ayat tersebut. 1477989845696

Yang terakhir adalah tebak kata. Perwakilan kelompok diberi clue untuk menyampaikan clue-nya ke anggota kelompoknya lewat gerakan. Jadi, mereka memberi clue untuk ditirukan anggota kelompoknya. Nah, anggota kelompok yang terakhir diharapkan dapat menerjemahkan apa yg diperagakan oleh anggota kelompok yang sebelumnya. Acara ditutup dengan acara tukar kado alias kado silang & pembagian hadiah untuk kelompok yang mengumpulkan poin terbanyak.

Seru bukan rihlah di SMA N 6 Yogyakarta ini?

Semoga lewat kegiatan rihlah yang diadakan oleh Rohis Ash-Shaff ini dapat merekatkan anggota rohis satu sama lain. Aamiin…

“Berjuang Dalam Satu Barisan Kokoh”

Allahuakbar!

1477989934235

Advertisements

Ibnu al-Haitham : Sang Penemu Kamera

Halo teman-teman! Jaman sekarang siapa sih yang ngga tahu apa itu kamera? Pada tahu semua kan? Pasti tau lah, apalagi sekarang lagi jamannya selfie gitu. Tapi pada tau ngga siapa yang nemuin kamera?

Sebagian besar dari kita pasti berfikir kalau kamera berasal dari peradaban barat. Salah besar! Memang saat ini teknologi pembuatan kamera dikuasai peradaban Barat serta Jepang, hal inilah yang membuat kita berfikir bahwa kamera berasal dari sana pula. Namun faktanya, penemu kamera adalah orang muslim lho! Beliau bernama Ibnu al-Haitham, merupakan ahli fisika muslim yang lahir di Kota Basrah, Irak. Selama masa hidupnya, Al-Haitham telah menulis lebih dari 200 karya ilmiah! Kurang keren apa coba?

Jadi ceritanya ya teman- teman, jauh sebelum masyarakat Barat menemukan kamera, prinsip-prinsip dasar pembuatan kamera telah dicetuskan seorang saintis legendaris Muslim yakni Ibnu al-Haitham sekitar 1.000 tahun silam. Pada akhir abad ke-10 M, al-Haitham berhasil menemukan sebuah kamera obscura yang merupakan salah satu karyanya yang paling monumental. Penemuan itu berhasil dilakukan al-Haitham bersama Kamaluddin al-Farisi. Berawal ketika keduanya mempelajari gerhana matahari, untuk mempelajari fenomena gerhana, Al-Haitham membuat lubang kecil pada dinding yang memungkinkan citra matahari semi nyata diproyeksikan melalui permukaan datar.

Nah, kamera obscura itulah yang menjadi dasar kinerja kamera yang saat ini digunakan umat manusia. Oleh kamus Webster, fenomena ini secara harfiah diartikan sebagai “ruang gelap”. Biasanya bentuknya berupa kertas kardus dengan lubang kecil untuk masuknya cahaya. Teori yang dipecahkan Al-Haitham telah mengilhami penemuan film yang kemudiannya disambung-sambung dan dimainkan kepada para penonton.

Al-Haitham dikenal sebagai perintis di bidang optik yang terkenal lewat bukunya bertajuk Kitab al-Manazir (Buku optik). Kamera obscura merupakan pembuktian teori-teori dalam bukunya tersebut.

Istilah kamera obscura yang ditemukan al-Haitham pun diperkenalkan di Barat sekitar abad ke-16 M. Orang-orang Barat seperti  Cardano Geronimo, Giovanni Batista della Porta, Joseph Kepler, Robert Boyle, Roger Fenton, dan George Eastman mulai mengembangkan prinsip kamera obscura hingga menghasilkan kamera seperti sekarang ini.

Sebuah versi kamera obscura digunakan dalam Perang Dunia I untuk melihat pesawat terbang dan pengukuran kinerja. Pada Perang Dunia II kamera obscura juga digunakan untuk memeriksa keakuratan navigasi perangkat radio. Begitulah penciptaan kamera obscura yang dicapai al-Haitham mampu mengubah peradaban dunia.

Jadi begitu teman-teman! Peradaban dunia modern pastinya sangat berhutang budi kepada al-Haitam. Semua karyanya didedikasikan untuk kemajuan peradaban manusia. Maka dari itu, kita sebagai remaja muslim jaman sekarang harus bisa menghargai dan mengapresiasi pencapaian ilmuan Muslim di era kejayaan Islam, jangan terpesona sama pencapaian teknologi Barat terus. Tunjukkan juga kalau remaja muslim sekarang kelak juga bisa membuat karya yang akan memajukan peradaban manusia! Amiin 

#COMICSERIES

#COMICSERIES

Peta Latihan Penyembelihan di Pancoh Wetan

Daftar dan tulis email-mu untuk menjadi Pelanggan Ash-Shaff Web. Klik untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalu email. Jangan kau menyia-nyiakan waktumu...

Join 7 other followers

Blog Stats

  • 40,978 hits

Archives

Kata Kesan

Waktu Terkini

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Kalender

October 2017
M T W T F S S
« Nov    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Categories

Waktu Sholat

Waktu sholat untuk Area Yogyakarta.
%d bloggers like this: