Impianmu, Masa Depanmu

Mari Bermimpi !

Entah kamu menyadarinya atau tidak, memikirkan masa depan itu sangat penting. Kenapa? Karena, bayangan masa depan akan mempengaruhi pemikiran dan sikapmu sekarang.

Orang-orang besar bisa menjadi besar karena sewaktu muda mereka mau berusaha mengubah diri mereka menjadi lebih baik. “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga kaum itu mengubah nasibnya sendiri.” (Q.S. Ar-Ra’du : 11)

Ayat tersebut mengingatkan kita bahwa tidak ada yang namanya keberuntungan. Semua tergantung pada usaha yang kita tunjukkan.

Orang tua boleh tajir. Mau uang, tinggal nyengir. Mau pergi, tinggal setir. Mau keren, tinggal sisir. Tapi, ingat, semua kenyamanan itu merupakan hasil kerja keras orang tua yang tidak bisa kamu nikmati selamanya. Akan tiba saatnya ketika kamu harus bisa hidup dari hasil kerjamu sendiri. Dan alangkah senangnya kalau kamu tidak hanya bisa mengidupi dirimu sendiri, tetapi juga menjalani cita-cita yang kamu inginkan. Karena itu, rajinlah berusaha! Semakin giat berusaha, semakin besar peluangmu menggapai cita-citamu.

Bayangkanlah! Selama ini, kurang lebih sebelas tahun kamu bersekolah. Lebih dari separuh usia hidup kami digunakan untuk sekolah, sampai sekarang, mau lanjut ke kuliah. Kamu belajar untuk mencari ilmu, orang tua bekerja keras untuk menyekolahkanmu. Pada akhirnya, bisa jadi semua usaha itu sia-sia, tanpa adanya cita-cita.

Namun, memiliki cita-cita saja belum cukup. Kamu juga harus tahu bagaimana kamu dapat meraih cita-citamu. Bagaikan kegiatan tanpa perencanaan yang baik, akan berakhir dengan kurang memuaskan, tidak jelas, atau malah kacau. Masa depan pun demikian.

                Bila kamu sudah mempu menentukan tujuan, serta dapat mengatur diri dan berusaha mencapainya, ditambah dengan do’a dan restu orangtua, Insyaallah, kamu akan berjalan menuju kesuksesan.

Semangat Belajar

Pernahkah kamu merasa malas belajar, baik di kelas maupun di luar? Bila pernah, coba pikirkan, “Mengapa aku malas belajar?”

Terdapat motivasi di setiap perbuatan yang kita lakukan, termasuk belajar. Belajar itu tentu membutuhkan motivasi besar. Artinya, kalau kamu tidak pernah belajar, kamu tidak punya motivasi. Seakan kamu hidup tanpa tujuan. Tanpa keinginan. Tanpa impian.

Cobalah untuk bersikap seperti harapanmu yang besar. Sehingga, semangat belajarmu terus berkobar. Dan kamu akan menuju jalan yang benar.

Tentukanlah cita-citamu selagi kamu muda. Semakin cepat menentukan, semakin banyak waktu yang bisa kamu gunakan untuk berusaha.

Manfaat semangat belajar :

  1. Pintar. Kamu akan merasa mudah dalam menyelesaikan masalah.
  2. Percaya diri. Kamu menguasai apa yang kita pelajari, tanpa keragu-raguan.
  3. Hidup tenang, tanpa penyesalan.  Tidak ada lagi kalimat “Seandainya dulu aku lebih rajin…”

 

[dicuplik dari buku berjudul ‘Bikin Belajar Selezat Coklat’ karya Fatan Fantastik dan Dinda Denniz hlm. 28-30, 32 dengan beberapa penyuntingan]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar dan tulis email-mu untuk menjadi Pelanggan Ash-Shaff Web. Klik untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan baru melalu email. Jangan kau menyia-nyiakan waktumu...

Join 7 other followers

Blog Stats

  • 28,186 hits

Archives

Kata Kesan

Waktu Terkini

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Kalender

October 2012
M T W T F S S
« Aug   Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Categories

Waktu Sholat

Waktu sholat untuk Area Yogyakarta.
%d bloggers like this: